Facttwin Software: Tren Teknologi Terbaru dalam Industri Manufaktur

8 comments
Facttwin software

Perkembangan revolusi industri 4.0 saat ini ditandai dengan berkembangnya teknologi yang didukung oleh Internet of Things (IoT). Adanya perkembangan teknologi, industri manufaktur memungkinkan melakukan inovasi-inovasi dalam perusahaan.

Sistem yang dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan efisiensi, efektivitas dan produktivitas kerja adalah Industry Tools. Kehadiran Industry Tools yang perannya hampir sama dengan business tools dalam industri manufaktur memudahkan pebisnis untuk mengoptimalkan produktivitas dan presisi dengan perangkat lunak.

Dalam bidang manufaktur, perangkat lunak atau software teknologi memiliki peran penting dalam perencanaan produksi, proses produksi, manajemen inventaris, kontrol kualitas dan untuk meningkatkan efisiensi.

Meskipun begitu, lingkungan bisnis dalam industri manufaktur akan selalu mengalami perubahan baik dari faktor internal maupun eksternal yang mempengaruhi penjualan produk. Oleh karena itu, perusahaan manufaktur juga perlu memahami manajemen proyek.

Dalam manajemen proyek, pebisnis bisa menggunakan software teknologi Industry Tools agar produktivitas kerja di perusahaan bisa meningkat, seperti Facttwin Software.

Teknologi dalam industri manufaktur

Teknologi dalam industri manufaktur sekarang ini semakin maju. Kemajuan dalam kecepatan komunikasi, analisis data, dan otomatisasi menciptakan teknologi paling canggih yang pernah ada di bidang manufaktur. Teknologi manufaktur menggambarkan penerapan alat dan proses — yang dikembangkan melalui kemajuan ilmu pengetahuan, industri, dan teknik — untuk meningkatkan efisiensi, kualitas, dan produktivitas operasi.

Software teknologi

Beberapa contoh teknologi manufaktur yang menghasilkan terobosan adalah:
  • Sistem manajemen pemeliharaan terkomputerisasi (CMMS). Teknologi CMMS dirancang untuk membuat operasi pemeliharaan lebih efektif dan efisien dengan memusatkan dan menyederhanakan data dan proses.
  • Pemantauan Kesehatan Mesin. Teknologi ini memungkinkan pemantauan mengenai kinerja, status peralatan dan menghasilkan manfaat besar dalam waktu kerja, usia peralatan, dan produktivitas. Pemantauan kesehatan mesin mengurangi pemeliharaan yang tidak terencana dan memperpanjang masa pakai peralatan dengan menggunakan sensor untuk mendeteksi potensi masalah operasional sejak dini.
  • Robotika dan otomasi. Otomatisasi menjadi lebih efektif dan efisien melalui penggunaan pemrograman berbasis data dari sensor mesin. Robotika juga lebih berguna dan kolaboratif berkat sensor pintar dan teknologi AI yang membuat robot bisa bekerja berdampingan dengan manusia.
  • Digital twin. Digital twin dapat diakses dan berinteraksi di luar lokasi oleh personel pemeliharaan, teknisi pemecahan masalah, dan bahkan operator peralatan, memanfaatkan interaktivitas real-time untuk bekerja dengan peralatan seolah-olah mereka sedang bertatap muka.
  • AI dan pembelajaran mesin: Dengan manfaat konektivitas berkecepatan tinggi dan data real-time dalam jumlah besar, AI dan pembelajaran mesin dapat mendorong segalanya mulai dari penjadwalan pemeliharaan dan pengambilan keputusan hingga penyesuaian produksi yang dapat mendorong produktivitas hingga maksimal.
  • Augmented reality (AR). AR dapat membantu dalam desain produk, perencanaan pemeliharaan, pemecahan masalah, dan bidang penting lainnya.
Business tools


Teknologi dalam manufaktur memberikan banyak manfaat di seluruh industri. Manfaat ini meliputi:
  • Sebagai upaya pemeliharaan sebelum terjadi kerusakan. Pemeliharaan teknologi ini dapat mengidentifikasi potensi masalah peralatan sebelum terjadi kerusakan mesin dan membuat rencana perbaikan dengan dampak yang minimal. Pemeliharaan ini menjadi salah satu alat paling efektif dalam teknologi manufaktur untuk memanfaatkan pengumpulan data real-time dan analisis historis di berbagai bidang seperti deteksi getaran, pemantauan ultrasonik, dan sebagainya, untuk memberikan wawasan yang belum pernah ada sebelumnya mengenai pengoperasian peralatan.
  • Sebagai upaya keselamatan. Teknologi manufaktur membantu memecahkan masalah yang ada dengan memungkinkan opsi untuk pekerjaan di luar lokasi atau jarak jauh dengan mempertahankan akses real-time ke data dan analisis, dan pengalaman langsung melalui penggunaan teknologi digital twin dan AR.
  • Operasional yang fleksibel. Dengan teknologi yang memungkinkan pekerjaan di luar lokasi, fasilitas menjadi lebih siap untuk menangani segala potensi tantangan, apa pun penyebabnya. Peningkatan komunikasi, konektivitas, dan akses data memberdayakan organisasi dan karyawannya untuk memiliki kendali lebih besar atas operasional.
  • Peningkatan inovasi. Teknologi seperti AR dan digital twins memungkinkan para insinyur dan desainer produk untuk bekerja dengan replika mesin, komponen, dan produk yang seperti aslinya. Alat-alat ini telah mendorong batas-batas inovasi yang mungkin tidak dapat dicapai melalui metode tradisional seperti perangkat lunak CAD. Inovasi selalu menjadi yang terdepan dalam terobosan efisiensi, kualitas dan keunggulan kompetitif.
(Advanced Technology Service, 2024).

Sekilas Astakona

Astakona yang didirikan tahun 2023 merupakan perusahaan yang berkembang sebagai solusi teknologi informasi dalam dunia manufaktur dengan menghasilkan software Astakona. Software Astakona menyediakan produk berkualitas yang mendorong bisnis mencapai kesuksesan dan produktivitas yang lebih tinggi. Produk Astakona mencakup Business Tools dan Industry Tools. Salah satu Business Tools yang dikeluarkan oleh Astakona adalah Facttwin Software.

Facttwin software

Facttwin software merupakan salah satu produk Astakona yang memaksimalkan kinerja, kualitas dan ketersediaan operasi manufaktur.

Produk astakona
Facttwin software untuk industri manufaktur

Beberapa kelebihan Facttwin Software untuk kegiatan industri manufaktur yaitu:
  • Membantu mengakuisisi, memproses, dan menganalisis data secara real-time untuk memberikan wawasan bisnis.
  • Operasi produksi bisa dikendalikan dengan visibilitas penuh ke dalam data produksi dengan metrik KPI dan pemberitahuan serta notifikasi otomatis.
  • Secara otomatis menghitung Overall Equipment Effectiveness (OEE), Total Effective Equipment Performance (TEEP), dan metrik lainnya dari data yang terkumpul.
  • Pelacakan waktu henti yang direncanakan dan tidak direncanakan yang dapat diatur secara otomatis atau manual.
  • Metrik diperbarui setiap beberapa detik sesuai kebutuhan.
  • Otomatisasi pemeliharaan pencegahan, prediksi dan penjadwalan kegiatan pemeliharaan berdasarkan waktu atau kondisi, serta menyediakan aplikasi yang ramah seluler bagi supervisor untuk menugaskan dan melaksanakan tugas pemeliharaan. Dengan otomatisasi ini, maka dilakukan streaming langsung pada dasbor TV untuk menampilkan aktivitas pemeliharaan dan kesehatan aset.
Fitur software teknologi dari Astakona ini cukup banyak untuk mendukung produktivitas kerja industri manufaktur. Fitur-fitur tersebut adalah Dashboard, Machines, Batches, Analysis, Analytics, SPC Control, Capability Analysis, Root Cause Analysis, Reports, dan Alerts.

Kesimpulan

Industri manufaktur dapat memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi dan produktivitas kerja. Salah satu software teknologi yang bisa memudahkan pekerjaan di dunia manufaktur adalah Facttwin Software. Software Astakona ini fungsinya mirip business tools untuk memberikan analisis bisnis dalam industri. Itulah pentingnya industri manufaktur memiliki software Astakona ini.


Referensi:

https://www.advancedtech.com/blog/manufacturing-technology/













Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

8 komentar

  1. Salut dengan perkembangan teknologi, saat ini berbagai macam software bermunculan dan bisa diaplikasikan untuk membantu pekerjaan manusia, sudah merambah banyak bidang ya, ada pertanian, manufaktur, mantap nih

    BalasHapus
  2. Informasinya sangat bermanfaat sekali. Adanya Facttwin Software dari Astakona sangat membantu meningkatkan efrktivitas efidiensi dan produktifitas kerja.

    BalasHapus
  3. Keren ya sekarang teknologi semakin canggih dan teknologi di bidang manufakturing itu memang sangat terasa sekali, sebagai orang yang pernah supervisi bidang manufaktur, mendengar OEE jadi kangen kerja lagi

    BalasHapus
  4. Pemeliharaan itu tampak ribet, tetapi lebih baik ribet sedikit, daripada ribet banyak pas mesin sudah telanjur rusak.

    BalasHapus
  5. Sekarang dunia industri manufaktur sudah mulai menerapkan manfaat Internet of Things (IoT). Salah satu yang paling sering aku lihat, emang produk software dari Astakona ya. Boleh juga diterapkan ke dunia industri manufaktur.

    BalasHapus
  6. Wah memang keren banget ya perkembangan teknologi saat ini.
    Dan ada banyak teknologi manufaktur yang sudah menghasilkan terobosan yang tentu saja membuat kinerja semakin efektif dan efisien

    BalasHapus
  7. Perkembangan teknologi sangat cepat, dan semua memang kita perlukan. Termasuk teknologi dalam manufaktur yang memberikan banyak manfaat di seluruh industri.

    BalasHapus
  8. Adanya teknologi benar-benar memudahkan proses bisnis termasuk dalam industri manufaktur. Pengelolaan data juga menjadi lebih mudah dan cepat dilakukan dengan adanya aplikasi manajemen data.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan memberi komentar.

Follower