Selang air Mepoly
Selang air (sumber: mepoly.id)

Kesalahan dalam pemilihan selang dapat menyebabkan produk tidak dapat digunakan secara maksimal, mudah rusak bahkan meninggalkan bau dan residu yang berbahaya. Karena itu penting sekali untuk mengetahui tips memilih selang air yang tepat. Cara memilih selang air yang tepat dapat membantu untuk mendapatkan produk yang bagus dan berkualitas. Salah satu brand selang air yang bagus adalah Mepoly

Hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih selang

Sebelum memilih selang, tentukan penggunaannya terlebih dulu sebab untuk berbagai penggunaan, bisa jadi membutuhkan produk dengan spesifikasi yang berbeda. Cara memilih selang air yang tepat diantaranya:

Panjang

Pertimbangan bahwa membeli selang yang panjang lebih hemat karena penggunaannya fleksibel ternyata tidak tepat.

Selang yang terlalu panjang selain mahal juga merepotkan jika sebenarnya yang dibutuhkan adalah selang pendek. Bahkan pada penggunaan tertentu, seperti untuk pertanian, karena terlalu panjang selang tersebut bisa merusak tanaman.

Ketebalan

Deras aliran air selain dipengaruhi oleh tekanan juga oleh ketebalan selang. Meski mempunyai ukuran yang besar, namun jika terlalu tebal, volume air yang bisa keluar akan kecil. Karena itu jangan lupa untuk mempertimbangkan ketebalans elang sebelum membelinya.

Bahan

Kualitas bahan berpengaruh pada tingkat keawetan selang. Selang yang terbuat dari bahan karet biasanya lebih tahan untuk digunakan jangka panjang namun harganya jauh lebih mahal dan lebih berat.

Harga

Panjang dan kualitas selang berpengaruh terhadap harganya. Namun jika mempertimbangkan lama penggunaan, membeli selang yang terbuat dari bahan berkualitas bisa menjadi pilihan tepat. Selang ini juga dapat digunakan untuk jangka lama sehingga tidak harus segera membeli kembali.

Jenis nosel

Nosel adalah bagian ujung selang yang berfungsi sebagai jalan keluarnya air. Ada banyak jenis dan bahan nosel seperti dari kuningan dan plastik. Untuk memancarkan air dengan jarak lebih jauh, bisa memilih selang dengan jenis nosel semprotan.

Penyimpanan

Menggulung dan menyimpan selang panjang dan tebal cukup merepotkan. Agar tidak mengalami hal ini bisa memilih produk yang mempunyai rel sehingga mudah untuk menggulungnya.

Anti mikroba

Sisa air di dalam selang bisa menjadi media berkembangnya mikroba. Memilih selang yang mengandung bahan antimikroba bisa menjaga kesehatan karena air yang keluar dari selang tidak terkontaminasi penyakit.

Ukuran Selang Air

Pemilihan ukuran selang air yang tepat sangat penting. Kesalahan dalam memilih ukuran menyebabkan produk tersebut tidak dapat berfungsi dengan baik. Ukuran selang harus sesuai dengan ukuran kran yang merupakan tempat keluar air yang akan disalurkan.

Tips agar bisa mendapatkan ukuran selang air yang pas adalah dengan mempertimbangan dan mengetahui ukuran dari sumber air tersebut. Beberapa ukuran selang yang saat ini tersedia antara lain:

  • Ukuran ½ Inch
  • Ukuran 5/8 Inch
  • Ukuran ¾ Inch
  • Ukuran 1 Inch
  • Ukuran 1 ½ Inch
  • Ukuran 2 Inch


Rekomendasi Selang Air Terbaik

Saat ini cukup banyak merk selang air yang bisa menjadi pilihan. Produk dari brand ini unggul karena terbuat dari bahan berkualitas yang aman untuk kesehatan. Rekomendasi selang air terbaik dari Mepoly antara lain:

Milliard

Milliard terbuat dari 100% biji plastik murni grade premium. Biji plastik yang dipakai bukan daur ulang tidak dicampur dengan bahan lainnya sehingga kualitasnya sangat tinggi. Ini yang menjadikannya produk unggul yang banyak dicari konsumen.

Sea Gull​ Hiprex

Sea Gull Hiprex terbuat dari 100% biji plastik murni dengan grade premium tanpa bahan campuran. Bahan selang tersebut menjadikan produk Sea Gull Hiprex menjadi selang bertekanan tinggi yang paling unggul di pasaran selang seluruh Indonesia.

Toyo

Selang Toyo dibuat dari bahan baku murni kualitas premium yang dapat digunakan di segala musim dan cuaca. Tambahan benang Polyester yang berkualitas tinggi di antara dua lapisan bahan transparan yang membungkusnya menjadikan selang Toyo kuat untuk air bertekanan tinggi. Selang ini juga aman digunakan untuk bahan bakar dan pelumas.

Milton

Mepoly memproduksi tiga jenis selang Milton yang semuanya mempunyai keunggulan sehingga bisa menjadi pilihan yang tepat. Terbuat dari bahan berkualitas, kekuatan selang Milton tidak diragukan lagi, bisa digunakan untuk segala musim dan cuaca. Ada beberapa varian dari selang Milton yang bisa menjadi pilihan:

  • Milton Hiprex

Selang Milton Hiprex merupakan selang yang dibuat dari 100% biji plastik murni premium, dilengkapi benang Polyester berkualitas tinggi.

Benang tersebut terpasang di antara dua lapisan bahan transparan yang membungkusnya sehingga memiliki kekuatan yang sempurna untuk penyaluran air bertekanan tinggi. Milton Hiprex juag dilengkapi dengan teknologi Herculeflex dengan manfaat 15 kali lebih banyak.

  • Milton Neo

Milton Neo merupakan selang dengan kualitas 100% biji plastik murni dan premium. Selang ini biasa digunakan untuk keperluan rumah tangga, perikanan dan peternakan. Dengan teknologi Herculeflex menjadikan selang Milton Neo lebih kuat dan awet.

  • Milton Dof

Milton Dof merupakan selang dengan kualitas 100% biji plastik murni dan premium yang biasa digunakan untuk keperluan rumah tangga. Dof sangat tepat untuk keperluan seperti menyiram taman, mencuci kendaraan, memandikan binatang peliharaan, membersihkan teras dan garasi, dan keperluan lainnya.

Produsen memproduksi selang Milton Dof dengan teknologi Herculeflex yang memiliki 9X manfaat lebih banyak. Teknologi ini menjadikan selang semakin kuat, tahan lama dan aman digunakan.

Untuk kebutuhan selang air, pastikan menggunakan produk dari Melopy. Dengan mengetahui cara memilih selang air terbaik, Anda bisa mendapatkan produk berkualitas yang awet dan aman digunakan.


Sumber:

https://riafasha.com/rekomendasi-selang-berkualitas/

https://www.acehardware.co.id/inspirations/tips-membeli-selang-air

https://mepoly.id/id/

Read More
Waste management atau pengelolaan sampah di Indonesia saat ini memang mulai dilakukan di banyak daerah/kota untuk menangani masalah volume sampah yang semakin menumpuk. Menumpuknya sampah ini memberikan dampak negatif terhadap lingkungan yaitu bertambahnya emisi gas rumah kaca akibat metana yang dihasilkan di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA). 

Pengolahan Sampah

Sayangnya, jika waste management hanya dilakukan oleh pemerintah maka tidak akan optimal. Maka waste management juga perlu dilakukan oleh masyarakat dan swasta.

Apa itu waste management?

Waste Management merupakan proses pengelolaan sampah yang melibatkan proses dari awal hingga akhir yang dimulai dari pengumpulan, pemindahan, pembuangan/daur ulang, pengangkutan sampah ke pembuangan akhir dan pemantauan untuk mengurangi resiko terhadap kesehatan manusia, hewan liar, dan lingkungan.

Jenis Sampah

Pengelolaan sampah ini bergantung pada jenis sampah yang terbagi menjadi tiga yaitu padat, cair dan gas. 

Untuk sampah padat, pembuangan sampah bisa dilakukan dengan metode sanitary landfill atau metode pembuangan sampah di tanah cekung kemudian menumpuknya dengan tanah. 

Untuk sampah cair dan gas memang memerlukan proses yang lebih lanjut seperti disaring, florasi, penyerapan, pengendapan, penyisihan, menghilangkan material organik, penghancuran partikel dan lain sebagainya.

Stakeholder dalam pengelolaan sampah

Pihak yang terlibat atau stakeholder dalam waste management tak hanya dilakukan oleh pemerintah saja tapi juga masyarakat dan swasta. Pihak yang terlibat dalam pengelolaan sampah menjadi penentu dalam keberhasilan pengelolan sampah. Kerja sama antar stakeholder dapat menciptakan pengelolaan sampah yang efisien dan efektif.

Pemerintah dalam penanganan persampahan berperan sebagai regulator, fasilitator dan service provider. Pemerintah menyusun kebijakan dan strategi mengenai pengelolaan persampahan, memberikan fasilitas sarana prasarana pengelolaan persampahan dan memfasilitasi penerapan teknologi spesifik dalam pengelolaan sampah. Pemerintah ini merupakan pemerintah pusat, provinsi, kabupaten, kota dan desa/kelurahan.

Stakeholder waste management
Stakeholder yang terlibat dalam waste management

Sedangkan untuk penanganan sampah dalam masyarakat ini bisa pada lingkup rumah tangga, komunitas persampahan, karang taruna, pemulung ataupun masyarakat yang lainnya. Secara individu, masyarakat tak hanya menjadi penghasil sampah saja, tapi harusnya bisa menjadi pihak yang mampu mengurangi volume sampah dari rumah. Masyarakat bisa meminimalisir volume sampah dengan memilah sampah dan mengolah kembali sesuai konsep 5R (Reduce, Reuse, Recycle, Recovery dan Repair).

Tentunya perlu adanya pemberdayaan komunitas dalam pengelolaan persampahan. Pemerintah bisa memberikan pelatihan pengelolaan sampah kepada komunitas agar terbangun kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam mengelola sampah.

Salah satu kolaborasi pemerintah/ swasta dan masyarakat dalam waste management seperti membuat Bank Sampah di mana pemerintah/swasta menyediakan fasilitas dan masyarakat yang kemudian mengelola Bank Sampah.

Pihak swasta juga bisa menjadi bagian dalam pengelolaan persampahan, seperti industri energi, industri teknologi persampahan, industri pupuk, eksportir dan importir persampahan, pebisnis persampahan dan lain sebagainya. 

Kolaborasi pemerintah dengan swasta ini memberi manfaat bagi pemerintah maupun swasta agar penyediaan fasilitas persampahan bisa tercapai. Jika dilakukan secara individual, mungkin akan sulit tercapai.

Program PGN Saka dalam Waste Management

Salah satu pihak swasta yang berkomitmen dalam waste management adalah PGN Saka.

Waste management PGN Saka
PGN Saka (Sumber: www.sakaenergi.com)


Perusahaan ini memiliki program pemberdayaan masyarakakat untuk mengurangi dan memanfaatkan sampah. Program yang sudah direalisasi oleh PT. Saka Indonesia Pangkah Limited (PGN Saka) sebagai bentuk Community Social Responsability adalah:

Pelaksanaan Lokalatih Pengelolaan Lingkungan Terpadu

PGN Saka juga telah melakukan lokalatih Pengelolaan Lingkungan Terpadu bersama masyarakat yang bertema “Berdaya dengan Kelola Sampah Menuju Kampung Berseri (Bersih, Sehat, Ramah Lingkungan)” tahun 2017 di tiga desa (Desa Manyarejo, Desa Manyar Sidomukti, dan Desa Manyar Sidorukun) di Kabupaten Gresik.

Dari kegiatan ini, masyarakat memiliki pengetahuan dalam mengelola sampah menjadi bernilai ekonomis dari dibentuknya bank sampah. Masyarakat juga memiliki tabungan bank sampah yang bisa diambil dari hasil penjualan di bank sampah dan bisa digunakan untuk membiayai keperluan rumah tangga. 

Dari hasil lokalatih ini, kampung mereka memperoleh juara I Kategori Pratama oleh Kampung Singo Desa Manyar Sidorukun untuk Pemukiman Berwawasan Lingkungan Tahun 2017 dalam event Gresik Berhias (Bersih, Hijau, dan Asri).

Kampung Dengan Waste Management
Kampung yang Bersih, Hijau dan Asri setelah mengikuti lokalatih (sakaenergi.com)

Bantuan Sarana Persampahan

PGN Saka telah melakukan penyerahan bantuan 370 unit bak sampah dan 1 unit mesin press sampah di tiga desa di Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik pada tahun 2021. 

PGN Saka yang memberi bantuan fasilitas persampahan kepada masyarakat (beritajatim.com)

Kesimpulan

Kerjasama tiga pihak yang terlibat dalam waste management berkontribusi dalam mengurangi volume sampah di TPA, menjaga kebersihan lingkungan, dan menambah pendapatan masyarakat. Itulah mengapa waste management penting untuk dilakukan.

Referensi

Jati, Tri Kharisma. 2023. Peran Pemerintah Boyolali Dalam Pengelolaan Sampah Lingkungan Permukiman Perkotaan (Studi Kasus: Perumahan Bumi Singkil Permai). Jurnal Wilayah dan Lingkungan. Volume 1 Nomor 1, April 2013, hal. 1-16.

https://www.recyclingbristol.com/waste-management-everything-you-need-to-know-about-waste-management/#:~:text=Waste%20management%20refers%20to%20the,a%20result%20of%20human%20activity

https://mutucertification.com/cara-tepat-pengolahan-limbah-cair/

https://www.ecoedu.id/peran-serta-masyarakat-dalam-pengelolaan-sampah/

https://klikjatim.com/peduli-lingkungan-pgn-saka-bagikan-bak-sampah-dan-alat-press-sampah/

https://biz.kompas.com/read/2017/12/19/111752728/pgn-saka-kembangkan-model-kampung-berseri-bersama-masyarakat

https://adv.kompas.id/baca/pgn-saka-kembangkan-model-kampung-bersih-sehat-dan-ramah-lingkungan/

https://www.researchgate.net/publication/275645551_Exploring_the_potential_of_decentralised_solid_waste_management_in_New_Delhi

Read More

Follower