8 Manfaat Kayu Meranti dan Karakternya yang Patut Diketahui

No Comments
Indonesia dikaruniai alam yang hutannya menghasilkan kayu-kayu berkualitas tinggi. Kayu meranti termasuk kayu yang banyak dipakai karena kualitasnya baik dan awet dipakai hingga bertahun-tahun. Ada banyak manfaat kayu meranti dan bisa digunakan untuk membuat furnitur maupun benda lain.

Manfaat kayu meranti


Manfaat Kayu Meranti

Beberapa manfaat kayu meranti adalah:

1. Rangka Atap Rumah

Pernahkah kalian melongok ke bagian atap rumah? Pasti rangkanya memakai kayu meranti dan memang jenis kayu ini sangat cocok digunakan sebagai rangka, karena sangat kuat dan keras. Atap rumah harus tegak berdiri dan kayu meranti cocok dipakai karena anti rayap. Kalian bisa mengemat pengeluaran dan tidak usah menyemprotkan cairan anti rayap secara teratur.

2. Bahan Pembuatan Kertas

Kalian sudah tahu kan kalau kertas terbuat dari kayu? Nah bubur kertas bahannya adalah kayu meranti. Jadi kayu ini sangat bermanfaat karena tak hanya bagus untuk pembuatan rangka atap rumah atau mebel, tetapi juga bisa dibuat kertas.

3. Alat Musik Tradisional

Manfaat kayu meranti yang selanjutnya adalah dibuat alat musik tradisional bernama sampe. Alat musik ini berasal dari Kalimantan Timur, tepatnya dari suku Dayak. Sampe digunakan untuk mengiringi acara-acara pesta yang diselenggarakan oleh masyarakat Dayak di Borneo.

4. Meja dan Kursi

Karakteristik kayu meranti selain kuat juga keras dan tidak mudah hancur. Oleh karena itu, kayu jenis ini banyak dipakai untuk bahan pembuatan furnitur seperti meja dan kursi. Kalian pasti punya meja dan kursi berbahan kayu meranti di rumah, bukan? Kayu meranti yang anti rayap sangat cocok untuk dijadikan meja dan kursi sehingga lebih awet.

5. Bahan Pembuatan Veneer

Veneer adalah pelapis yang membuat lantai makin kinclong dan cantik. Kayu meranti dibuat sebagai bahan pembuatan veneer dan sangat multifungsi. Karena bisa buat furniture sampai dibuat pelapis yang memperindah rumah.

6. Membuat Kapal

Karakteristik kayu meranti adalah kuat, tahan lama, dan tahan air. Oleh karena itu kayu jenis ini dibuat sebagai bahan baku kapal laut. Kamu pernah kan lihat kapal yang gagah? Pasti sang nelayan memesan kapal berbahan kayu meranti karena memang lebih awet.

7. Pintu dan Jendela

Manfaat kayu meranti yang berikutnya adalah membuat pintu dan jendela karena kayunya terbukti kuat dan anti rayap. Jika kalian ingin membangun rumah atau merenovasinya pasti pakai kayu meranti untuk jendela dan pintu, karena tak mudah menyusut, sehingga ukurannya pasti akurat. Kalau butuh kayu meranti hubungi langsung Citra Kayon yang menyediakan kayu dengan kualitas terbaik.

8. Kerajinan Tangan

Kayu meranti yang sudah potongan agak kecil diapakan? Biasanya kayu ini masih bisa dimanfaatkan untuk bahan kerajinan tangan. Misalnya tatakan gelas, gantungan kunci, dll. Kayu meranti bisa dibuat bahan craft agar tidak terbuang sia-sia.

Jenis dan Karakteristik Kayu Meranti

Kayu meranti tentu memiliki karakteristik yang berbeda dari kayu lain seperti jati atau mahoni. Penasaran bagaimana sih jenis dan karakteristik kayu meranti? Yuk simak di bawah ini:

1. Kayu Meranti Putih

Kayu meranti putih bisa ditanam di tanah yang ketinggiannya 1.000 meter di atas permukaan laut alias dataran tinggi, dan tanahnya harus jenis latosol (tanah yang warnanya kemerahan). Dibanding dengan kayu meranti jenis lain, kayu ini memiliki kadar silica yang lebih tinggi, sehingga jauh lebih keras karakternya.

2. Kayu Meranti Merah

Kayu meranti merah warnanya cenderung merah gelap dan ditanam di tanah yang ketinggiannya 800 meter di atas permukaan laut. Biasanya, kayu jenis ini digunakan untuk bahan atap rumah.

3. Kayu Meranti Kuning

Kayu meranti ada yang warnanya kuning kecoklatan. Biasanya kayu ini dibuat menjadi meja, kursi, dan berbagai furnitur rumah.

Bagaimana, sudah tahu manfaat kayu meranti? Kayu ini keras, awet, dan tahan air, serta tahan lama sehingga banyak digunakan, baik untuk bahan mebel, kerajinan tangan, rangka rumah, maupun bahan kertas.

0 comments

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan memberi komentar.

Follower